Mbah Surip Simbol Rakyat Yang Menghibur Diri Sendiri

JAKARTA, KOMPAS.com – “Tak gendong ke mana-mana… Tak gendong ke mana-mana… Enak to….” lagu bertajuk Tak Gendong, belakangan ini laris seantero dunia. Apalagi dengan sosok penyanyi sekaligus penciptanya, Mbah Surip. Rencananya, Mbah Surip akan konser ke India pekan depan. Namun, sebelum berangkat, Mbah Surip menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Pendidikan dan Kesehatan, Jakarta Timur.

Pria yang selalu tampil dengan topi dan rambut gimbalnya itu meninggal karena sakit, diduga serangan jantung, pukul 10.30 Selasa (4/8). Bagaimana sosok Mbah Surip di mata masyarakat?

Mantan politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Agus Condro menilai Mbah Surip merupakan cerminan rakyat yang menghibur dirinya sendiri dengan musik ringan.

“Kehadiran Mbah Surip, menghibur rakyat yang bingung terhadap tekanan ekonomi dan peristiwa politik saat ini. Apalagi musiknya enak di kuping, bahasanya enak, bahasa rakyat. Mbah Surip itu simbol rakyat yang menghibur diri sendiri dengan musiknya,” ujar Agus Condro kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (4/8).

Mahasiswa Universitas Esa Unggul, Irma, menyayangkan kematian Mbah Surip. Baru beberapa bulan ini, Mbah Surip dikenal masyarakat luas. “Kasihan… Dia kan baru sebentar terkenalnya. Apalagi lagunya unik-unik. Musik di Indonesia saat ini kan cenderung menjemukan. Sayang sekali… Tapi salut, Mbah Surip meninggal saat di puncak kejayaannya,” tutur dia.

Begitu pula dengan Aulia, seorang pegawai swasta di kawasan Jalan Sudirman. Menurut dia, Mbah Surip merupakan tokoh fenomenal. Meski Mbah Surip meninggal, dia percaya akan lahir pembaharu sepertinya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s