Harta Habis, Wajah Sumini Bolong

Laporan wartawan KOMPAS Antonius Ponco A.

MADIUN, KOMPAS.com – Sumini, pengidap kanker kulit asal Madiun Jatim itu sering menangis. “Bahkan beberapa kali putus asa dan ingin mati karena sakit yang dialaminya,” kata Wasirendra (32), anak tunggal Sumini.

Menurut Martomini (65), suami Sumini, istrinya terkena basalioma sejak 34 tahun yang lalu atau tahun 1975. Saat itu, bisul kecil muncul di antara kedua matanya. Bisul itu dibiarkannya karena dipikirnya akan hilang sendiri.

Namun yang terjadi bisul justru membesar. Tahun 1990, bisul itu berdiameter lima sentimeter dengan ketebalan sekitar lima sentimeter. Pada tahun itu pula, Martomini memutuskan membawa istrinya ke RSU Dr Sudono, Madiun.

Di rumah sakit baru diketahui Sumini terkena kanker. Namun karena RSU Dr Sudono mampu mengobatinya, Sumini dirujuk ke RSU Dr Sutomo, Surabaya. Selama tiga bulan dia dirawat di sana menjalani pengobatan menggunakan sinar X.

“Saat itu istri saya sembuh tetapi hampir seluruh harta benda milik saya habis, seperti dua ekor sapi yang saya miliki, habis dijual untuk biaya pengobatan, termasuk juga modal dagang kambing yang saya gunakan untuk usaha jual-beli kambing, tutur Martomini yang menghabiskan sekitar Rp 18 juta untuk biaya pengobatan,” kata Martomini.

Tidak adanya uang lagi yang dimiliki membuat usaha jual-beli kambing milik Martomini bangkrut. Martomini pun tidak bisa mengikuti anjuran dokter untuk mencekkan lagi kondisi Sumini di RSU Dr Sutomo tiga bulan setelah dia dipulangkan dari rumah sakit tersebut.

Ternyata tidak diikutinya anjuran dokter ini berdampak buruk. Basalioma kembali menyerang. Bedanya sekarang menggerogoti jaringan lunak sampai tulang rawan di wajah.

“Wajahnya jadi bolong. Dari yang awalnya lubangnya kecil dan berada di antara kedua mata, saat ini sudah menghilangkan punggung hidung, sebagian pipi, dan membuat kedua bola matanya rusak,” ujar Wasirendra.

kljkl

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s